Liputan, opini dan pembelajaran

Friday 20 April 2018

Kebijakan Program Adsense dan Nilai Kejujuran

Sumber : https://medium.com
Program adsense adalah program periklanan secara online yang berada dibawah naungan google. Melalui program adsense, google membuka peluang usaha bagi para pemilik website, blog ataupun channel youtube untuk menghasilkan uang dari internet. Harapan para publisher agar dapat di approve oleh program adsenses sangat besar. Namun untuk bisa tergabung dengan program adsense bisa dikatakan gampang - gampang susah ataupun susah - susah gampang. Pernyataan tersebut muncul karena berdasarkan pengalaman beberapa orang calon mitra adsense. Ada yang mengalami kesusahan, karena terus menerus mendapatkan jawaban sedang dikaji hingga penolakan secara sadis. Meskipun diantara yang ditolak itu sudah memiliki umur matang dalam mengelola website atau blognya, bahkan dengan jumlah artikel ratusan. Ada pula yang diberikan kemudahan, tanpa perlu waktu lama dan jumlah artikel yang menumpuk. Daftarkan dan tunggu kabar gembira bahwa pengajuan kita di approve oleh adsense dalam hitungan minggu, hari, bahkan ada yang hanya dalam hitungan jam.
Meskipun kecil, namun program adsense memberikan kepastian untuk sukses memperoleh penghasilan dari dunia maya selama para publisher mematuhi segala ketentuan yang terkait dengan kebijakan program adsense. Selain tentang finasial, dalam adsense kita diajarkan tentang nilai kejujuran. Antara kebijakan program adsense dan nilai kejujuran memiliki hubungan timbal balik. Lalu, apa saja kebijakan program adsense itu ?
Diadopsi dari https://support.google.com/adsense/answer/48182?hl=id, bahwa kebijakan program adsense yang berkaitan dengan penanaman nilai kejujuran diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Klik dan Tayangan tidak Valid

Klik pada tayangan iklan google harus murni berasal dari keinginan pembaca. Cara apapun yang menghasilkan klik atau tayangan buatan pada iklan google secara tegas dilarang. Larangan ini meliputi klik atau tayangan manual berulang, alat penghasil klik dan tayangan otomatis, serta penggunaan robot atau software tipuan. Publisher dilarang untuk mengklik iklan sendiri dengan alasan apapun.

2. Konten

Halaman yang berisi iklan google tidak boleh berisi :


  • Konten dengan unsur porno.
  • Konten yang menakutkan.
  • Konten yang memprovokasi.
  • Konten yang menghina, menindas individu atau kelompok.
  • Konten yang mengandung ujaran kebencian, mendukung diskriminasi, meremehkan individu atau kelompok berdasarkan ras atau suku, agama, kebangsaan, orientasi seksual, jenis kelamin, identitas gender, atau karakteristik lain yang terkait dengan diskriminasi atau marginalisasi sistematis.
  • Bahasa yang tidak sopan.
  • Konten narkoba dan peralatan terkait.
  • Konten yang mempromosikan, menjual, atau mengiklankan produk yang didapat dari spesies langka atau terancam punah.
  • Penjualan online minuman beralkohol.
  • Penjualan tembakau atau produk terkait tembakau.
  • Penjualan resep obat.
  • Penjualan senjata atau amunisi (misalnya senapan, komponen senapan, pisau tempur, pistol kejut listrik).
  • Penjualan atau distribusi tugas atau makalah kuliah.
  • Konten seputar program yang menawarkan untuk mengklik iklan, melakukan penelusuran, menjelajah situs, atau membaca e-mail.
  • Konten lainnya yang ilegal, mempromosikan aktivitas ilegal, atau melanggar hak hukum orang lain.

3. Perilaku Iklan
Publisher diizinkan untuk melakukan modifikasi pada kode iklan selama modifikasi tersebut tidak berdampak meningkatkan performa iklan dengan cara yang tidak semestinya atau membahayakan pengiklan.

4. Perilaku Situs

Situs atau media lainnya yang  menayangkan iklan google harus mudah dijelajah oleh pengguna internet. Pemilik media tidak boleh mengubah preferensi pengguna, mengalihkan pengguna ke situs yang tidak diinginkan, memulai download, mengandung malware, atau berisi pop up atau pop under yang mengganggu navigasi situs.

Berdasarkan penjelasan kebijakan program adsense di atas (klik dan tayangan tidak valid, konten, perilaku iklan dan perilaku situs) kita bisa menyimpulkan bahwa nilai kejujuran sangat diutamakan dalam program adsense. Buah dari kejujuran dalam melaksanakan program adsense tentu akan membuat akun adsense berumur panjang, sementara hasil dari ketidakjujuran dalam mengikuti program adsense akan membuat akun adsense diblokir. Jadi, jujurlah dalam melaksanakan program adsense, karena kejujuran harus dimulai dari hal yang kecil - dari saat ini - dan dari diri sendiri.
Share:

1 comment:

  1. Bener pak, terkadang malah kalau tidak jujur penghasilan banyak terpotong oleh yang tidak valid dll.

    ReplyDelete

Komentar anda sangat berharga buat kami.

Website Translator

Visitors

Visitors Location

Followers Blog

Submit Comments